Website Resmi SMA NEGERI 1 MUNTOK

Pelantikan Pengurus OSIS Masa Bakti 2023/2024 SMA Negeri 1 Muntok

Pelaksanaan upacara pelantikan pengurus OSIS masa bakti 2023/2024 SMA Negeri 1 Muntok berjalan dengan hikmat.

Pada Senin, 8 Januari 2024, SMA Negeri 1 Muntok mengadakan kegiatan pelantikan pengurus OSIS masa bakti 2023/2024. Pelantikan OSIS masa bakti 2023/2024 ini berupa acara resmi dan dilaksanakan sewaktu upacara berlangsung. Nah, bagaimana ya jalannya pelaksanaan upacara pelantikan OSIS di SMA Negeri 1 Muntok? Yuk simak!

Acara pun dimulai layaknya upacara bendera pada umumnya, seperti mengheningkan cipta, mengibarkan bendera Merah Putih, pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 dan pembacaan Panca Prasetya Siswa. Kemudian, pelantikan OSIS masa bakti 2023/2024 dimulai ketika para calon pengurus baru memasuki lapangan upacara. Kepala sekolah SMA Negeri 1 Muntok, Ibu Rimayani S.Pd sebagai pembina upacara pun membacakan ikrar dan janji pengurus OSIS yang akan diucapkan para calon pengurus di hadapan bendera Merah Putih, bendera OSIS dan bendera sekolah.

Serah terima jabatan ketua OSIS masa bakti 2022/2023, Ezi Arvanzo (kanan) kepada ketua OSIS masa bakti 2023/2024, Ridho Rasta Adhitya Purba (kiri).

Selain pengucapan ikrar dan janji pengurus OSIS, dilakukan pula serah terima jabatan berupa penandatanganan surat oleh Ketua OSIS SMA Negeri 1 Muntok dari masa bakti lama (Ezi Arvanzo) dan baru (Ridho Rasta Adhitya Purba). Sebelumnya, ketiga pengurus OSIS inti masa bakti 2022/2023 telah menyerahkan bendera Merah Putih, bendera OSIS dan bendera sekolah kepada ketiga pengurus OSIS inti masa bakti 2023/2024. Dengan ini, telah resmi dilantik pengurus OSIS masa bakti 2023/2024.

Drs. Ademi, sebagai Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Muntok Bidang Kesiswaan pun menyampaikan pendapatnya mengenai makna pelantikan OSIS yang dilakukan di setiap pergantian masa bakti. “Jadi kalau dari pelantikan kemarin, kita ada bendera OSIS, bendera merah putih dan bendera sekolah [pada pengucapan ikrar dan janji]. Itu artinya bahwa seberapa besar peran dan pengetahuan siswa melaksanakan itu di hadapan bendera Indonesia untuk pengabdian ke negara. Walaupun di lingkungan sekolah, itu mengharapkan bahwa suatu tugas seharusnya benar-benar dilaksanakan sesuai dengan program yang telah dimulai”, ujarnya.

Drs. Ademi menyampaikan pendapatnya mengenai pelaksanaan pelantikan OSIS kepada reporter artikel berita SMA Negeri 1 Muntok, Prince Mozart Eugene Tan.

Ia pun menambahkan, “Bahwa di OSIS juga itu menjadi pengalaman pertama untuk mengurus organisasi di dalam sekolah, nanti di luar [sekolah] tinggal mengembangkan. Menurut bapak itu yang kita ambil bagi pengurus OSIS yang baru itu, tanggung jawab yang luar biasa besarnya.”

Sebagai Pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), memang banyak tanggung jawab yang harus mereka pegang kedepannya. Tugas mereka antara lain sebagai event organizer, liaison officer, event planner dan sebagainya. Kegiatan classmeeting semester ganjil 2023/2024 kemarin menjadi salah satu contoh tanggung jawab pengurus OSIS SMA Negeri 1 Muntok.

Foto bersama para pengurus OSIS masa bakti 2023/2024.

“Ya, harapan bapak semua yang diprogramkan itu jadi dilaksanakan. Pengurus lama yang sudah bagus diteruskan, yang kurang diperbaiki sekarang. Karena OSIS juga di bagian kesiswaan, dan bapak bertanggung jawab disitu di samping pembina OSIS. Kuncinya kompak ya, bisa dibilang nggak ada namanya superman. Adanya superteam, kalo superteam itu akan mudah”, ujar Drs. Ademi mengenai harapannya untuk pengurus OSIS masa bakti 2023/2024.

Selamat kepada pengurus OSIS masa bakti 2023/2024! Kiranya kalian bisa menjadi pengurus yang bertanggung jawab sesuai dengan ikrar dan janji yang telah diucapkan. Kedepannya akan ada banyak pengalaman baru menunggu kalian!

Share this 

Facebook 0
WhatsApp
Twitter
Google+ 0
Email

Tinggalkan komentar